Saturday, 18 March 2017

KISI-KISI UJIAN GEOGRAFI SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL SEKOLAH MENENGAH ATAS / MADRASAH ALIYAH KURIKULUM 2006 TAHUN PELAJARAN 2016/2017

 KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL
SEKOLAH MENENGAH ATAS / MADRASAH ALIYAH
KURIKULUM 2006 TAHUN PELAJARAN 2016/2017

MATA PELAJARAN: GEOGRAFI
Level Kognitif
CAKUPAN MATERI
Hakekat dan Informasi Geografi
Pembentukan Jagadraya, Tatasurya, Bumi, dan Fenomena Geosfer
Kependudukan dan Lingkungan Hidup
Kewilayahan
Pengetahuan dan pemahaman
ü Mendeskripsikan
ü Mengidentifikasi
ü Menjelaskan
ü Menentukan
Siswa mampu mendeskripsikan:
- hakekat geografi: konsep geografi, pendekatan geografi, prinsip geografi, aspek geografi
- informasi geografi: peta, penginderaan jauh, sistem informasi geografis
Siswa mampu mendeskripsikan:
-   pembentukan Jagadraya,
Tatasurya, Bumi sebagai planet
-    fenomena geosfer: atmosfer, hidrosfer, litosfer, biosfer
Siswa mampu  mendeskripsikan:
-   kependudukan,
-   sumberdaya alam,
-   lingkungan hidup,
-   pembangunan berkelanjutan
Siswa mampu mendeskripsikan:
-   pola keruangan,
-    interaksi desa-kota,
-   wilayah dan pewilayahan,
-   pusat pertumbuhan,
-   negara berkembang dan maju
Aplikasi
ü Mengklasifikasi
ü Menentukan
ü Menggunakan
ü Menunjukkan
ü Menerapkan
ü Menghitung
Siswa mampu menerapkan:
- hakekat geografi: konsep geografi, pendekatan geografi, prinsip geografi, aspek geografi
- informasi geografi: peta, penginderaan jauh, sistem informasi geografis
Siswa mampu menentukan karakteristik:
-   Jagadraya, Tatasurya, Bumi sebagai planet
-   fenomena geosfer: atmosfer, hidrosfer, litosfer, biosfer
Siswa mampu menerapkan pengetahuan untuk mengatasi permasalahan:
-    kependudukan,
-    sumberdaya alam,
-    lingkungan hidup,
-    pembangunan berkelanjutan
Siswa mampu menentukan karakteristik:
-   pola keruangan,
-   interaksi desa-kota,
-   wilayah dan pewilayahan,
-   pusat pertumbuhan,
-   negara berkembang dan maju
Penalaran dan logika
ü Membandingkan
ü Memprediksi
ü Membuktikan
ü Menginterpretasi
ü Menganalisis
Siswa mampu menganalisis:
- hakekat geografi: konsep geografi, pendekatan geografi, prinsip geografi, aspek geografi
- informasi geografi: peta, penginderaan jauh, sistem informasi geografis
Siswa mampu menganalisis:
- pembentukan Jagadraya, Tatasurya, Bumi sebagai planet,
- fenomena geosfer: atmosfer, hidrosfer, litosfer, biosfer
Siswa mampu memprediksi permasalahan dan upaya mengatasinya di bidang:
- kependudukan,
- sumberdaya alam,
- lingkungan hidup,
- pembangunan berkelanjutan
Siswa mampu membedakan kewilayahan tentang:
-       pola keruangan,
-       interaksi desa-kota,
-       wilayah dan pewilayahan,
-       pusat pertumbuhan,
-       negara berkembang dan maju
Jumlah soal
11
13
10
11

Level Kognitif
Hakekat dan Informasi Geografi
Pembentukan Jagatraya, Tatasurya, Bumi dan Fenomena Geosfer
Kependudukan dan Lingkungan Hidup
Kewilayahan
Pengetahuan dan pemahaman

PG : 3
Uraian : 1
PG : 4
Uraian : 1
5
PG : 5
Uraian : 1
Aplikasi
3
3
PG : 3
Uraian : 1
3
Penalaran dan logika
3
3

PG : 4
PG : 3
Uraian : 1

Jumlah soalw
11
13
10
11
Nomor soal 25%
1,2,7,9
12,18
29,31,43
36,38



Keterangan:
Nomor 1-40 Pilihan ganda dan 41-45 soal uraian
1: penalaran konsep geografi
2: penalaran pendekatan geografi
7:  penerapan peta
9:  penerapan penginderaan jauh
12: pemahaman pembentukan muka bumi
18: penerapan litosfer tentang batuan bernilai ekonomi tinggi 
29: penalaran tindakan pembangunan berkelanjutan
31: penerapan lokasi industri
36: penerapan lokasi titik henti (interaksi desa-kota)
38: penerapan pengembangan wilayah (wilayah dan pewilayahan)
43: masalah kependudukan dan penanggulangan (Paket Utama)
43: lingkungan hidup dan penanggulangan (Paket Susulan)



No comments:

Post a Comment