KISI-KISI UJIAN SEKOLAH
BERSTANDAR NASIONAL
SEKOLAH
MENENGAH ATAS / MADRASAH ALIYAH
KURIKULUM
2006 TAHUN PELAJARAN 2016/2017
MATA PELAJARAN: GEOGRAFI
|
Level Kognitif
|
CAKUPAN MATERI
|
|||
|
Hakekat dan Informasi Geografi
|
Pembentukan Jagadraya,
Tatasurya, Bumi, dan
Fenomena Geosfer
|
Kependudukan dan Lingkungan Hidup
|
Kewilayahan
|
|
|
Pengetahuan dan pemahaman
ü Mendeskripsikan
ü Mengidentifikasi
ü Menjelaskan
ü Menentukan
|
Siswa mampu mendeskripsikan:
- hakekat geografi: konsep geografi, pendekatan geografi, prinsip geografi, aspek geografi
- informasi geografi: peta, penginderaan jauh, sistem informasi geografis
|
Siswa mampu mendeskripsikan:
-
pembentukan Jagadraya,
Tatasurya, Bumi sebagai
planet
-
fenomena geosfer: atmosfer, hidrosfer, litosfer, biosfer
|
Siswa mampu mendeskripsikan:
-
kependudukan,
-
sumberdaya alam,
-
lingkungan hidup,
-
pembangunan berkelanjutan
|
Siswa mampu mendeskripsikan:
-
pola keruangan,
-
interaksi desa-kota,
-
wilayah dan pewilayahan,
-
pusat pertumbuhan,
-
negara berkembang dan maju
|
|
Aplikasi
ü Mengklasifikasi
ü Menentukan
ü Menggunakan
ü Menunjukkan
ü Menerapkan
ü Menghitung
|
Siswa mampu menerapkan:
- hakekat geografi: konsep geografi, pendekatan geografi, prinsip geografi, aspek geografi
- informasi geografi: peta, penginderaan jauh, sistem informasi geografis
|
Siswa mampu menentukan karakteristik:
-
Jagadraya, Tatasurya, Bumi sebagai
planet
-
fenomena geosfer: atmosfer, hidrosfer, litosfer, biosfer
|
Siswa mampu menerapkan
pengetahuan untuk mengatasi permasalahan:
-
kependudukan,
-
sumberdaya alam,
-
lingkungan hidup,
-
pembangunan berkelanjutan
|
Siswa mampu menentukan karakteristik:
-
pola keruangan,
-
interaksi desa-kota,
-
wilayah dan pewilayahan,
-
pusat pertumbuhan,
-
negara berkembang dan maju
|
|
Penalaran
dan logika
ü Membandingkan
ü Memprediksi
ü Membuktikan
ü Menginterpretasi
ü
Menganalisis
|
Siswa
mampu menganalisis:
- hakekat geografi: konsep geografi, pendekatan
geografi, prinsip geografi, aspek geografi
- informasi geografi: peta, penginderaan jauh,
sistem informasi geografis
|
Siswa mampu menganalisis:
- pembentukan Jagadraya, Tatasurya, Bumi
sebagai planet,
- fenomena geosfer: atmosfer, hidrosfer,
litosfer, biosfer
|
Siswa mampu memprediksi permasalahan dan upaya mengatasinya di bidang:
- kependudukan,
- sumberdaya alam,
-
lingkungan hidup,
- pembangunan berkelanjutan
|
Siswa
mampu membedakan kewilayahan tentang:
-
pola keruangan,
-
interaksi desa-kota,
-
wilayah dan pewilayahan,
-
pusat pertumbuhan,
-
negara
berkembang dan maju
|
|
Jumlah soal
|
11
|
13
|
10
|
11
|
|
Level Kognitif
|
Hakekat
dan Informasi Geografi
|
Pembentukan
Jagatraya, Tatasurya, Bumi dan Fenomena Geosfer
|
Kependudukan dan Lingkungan Hidup
|
Kewilayahan
|
|
Pengetahuan
dan pemahaman
|
PG : 3
Uraian : 1
|
PG : 4
Uraian
: 1
|
5
|
PG : 5
Uraian : 1
|
|
Aplikasi
|
3
|
3
|
PG : 3
Uraian : 1
|
3
|
|
Penalaran dan logika
|
3
|
3
|
PG : 4
|
PG : 3
Uraian : 1
|
|
Jumlah soalw
|
11
|
13
|
10
|
11
|
|
Nomor soal 25%
|
1,2,7,9
|
12,18
|
29,31,43
|
36,38
|
Keterangan:
Nomor 1-40 Pilihan ganda dan
41-45 soal uraian
1: penalaran konsep geografi
2: penalaran pendekatan
geografi
7: penerapan peta
9: penerapan penginderaan jauh
12: pemahaman pembentukan
muka bumi
18: penerapan litosfer
tentang batuan bernilai ekonomi tinggi
29: penalaran tindakan
pembangunan berkelanjutan
31: penerapan lokasi
industri
36: penerapan lokasi titik
henti (interaksi desa-kota)
38: penerapan pengembangan
wilayah (wilayah dan pewilayahan)
43: masalah kependudukan dan
penanggulangan (Paket Utama)
43: lingkungan hidup dan
penanggulangan (Paket Susulan)
No comments:
Post a Comment