Saturday, 18 March 2017

KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (USBN) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KURIKULUM 2006


SEKOLAH MENENGAH ATAS/ SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN  (SMA/SMK) TAHUN PELAJARAN 2016/2017



DIREKTORAT PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM KEMENTERIAN AGAMA RI



KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (USBN) PENDIDIKANAGAMA ISLAM (PAI) DAN BUDI PEKERTI
TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS/KEJURUAN (SMA/K)
TAHUN PELAJARAN2016/2017

Kurikulum 2006


NO
STANDAR KOMPETENSI
KEMAMPUAN YANG DIUJI
INDIKATOR
NO SOAL
1
Memahami ayat-ayat Al-qur’an tentang tugas manusia sebagai khalifah
Memahami  Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. AlMukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat: 56, dan Al Haj : 5
Disajikan salah satu dari  Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. AzZariyat: 56, Al-Haj : 5 tentang tugas manusia sebagai khalifah yang tidak lengkap, peserta didik dapat melengkapi ayat tersebut
1
Disajikan tabel mufradat salah satu dari Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat: 56, atau Al-Haj : 5 tentang tugas manusia sebagai khalifah, peserta didik dapat memasangkan lafadz dan artinya dengan benar
2
Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang demokrasi.
Menyebutkan arti QS Ali Imran 159: dan QS Asy Syura: 38
Disajikan salah satu dari QS Ali Imran 159: dan QS Asy Syura: 38 tentang demokrasi, peserta didik dapat menentukan arti dari ayat yang bergaris bawah. 
3
Menunjukkan perilaku demokratis seperti yang terkandung dalam  QS Ali Imran : 159 dan Q.S. Asyura; 38 dalam
kehidupan sehari-hari
Ditampilkan narasi tentang perilaku hidup yang demokratis peserta didik dapat menentukan ayat yang sesuai. 
4
Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang Kompetisi dalam
Mampu membaca Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy-Syura : 38 dengan baik dan benar.

Disajikan beberapa potongan dari Q.S. Ali Imran : 159 atau  Asy-Syura : 38 tentang kompetisi dalam kebaikan yang disusun secara acak, peserta didik  mengurutkan
5

NO
STANDAR KOMPETENSI
KEMAMPUAN YANG DIUJI
INDIKATOR
NO SOAL

Kebaikan

susunan ayat tersebut dengan utuh

Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32 dengan baik dan benar.

Disajikan tabel bacaan beserta hukum tajwid dari salah satu Q.S. Al Baqarah : 148 atau Q.S. Fatir : 32  tentang kompetisi dalam kebaikan, peserta didik dapat menemukan
pasangan hukum tajwid yang benar 

6
Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang perintah menjaga
kelestarian lingkungan
Membiasakan perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup seperti terkandung dalam QS Ar- Rūm : 41-42, QS Al-A’rāf : 56-58, dan QS Shād  : 27. 
Disajikan narasi  tentang perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup sebagaimana yang terkandung dalam QS Ar- Rūm : 41-42, QS Al-A’rāf : 56-58, dan QS Shād  : 27, peserta didik dapat menentukan kebiasaan melestarikan lingkungan hidup. 
7
Memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang etos kerja. 

Menjelaskan arti QS. Al Mujādalah : 11 dan QS. Al Jumu’ah : 9-10. 

Disajikan tabel tentang mufradat dari salah satu QS. Al Mujādalah : 11 atau  QS. Al Jumu’ah : 9-10 ayat tentang etos kerja, peserta didik dapat menetukan pasangan kalimat dengan arti ayat secara benar. 
8
Mampu mengidentifikasi hukum tajwid
QS. Al Mujādalah : 11 dan QS. Al Jumu’ah : 9-10
Disajikan QS Yunus; 101 atau QS AlBaqarah; 164 tentang etos kerja, peserta didik dapat mengidentifikasi hukum tajwid ayat yang bergaris bawah.
9
Membiasakan perilaku beretos kerja seperti terkandung dalam QS. Al
Mujādalah : 11, dan QS. Al - Jumu’ah :
9-10. 
Ditampilkan ilustrasi tentang etos kerja, peserta didik dapat menunjukkan perilaku yang mencerminkan etos kerja seperti yang terkandung dalam QS. Al Mujādalah : 11, dan QS. Al - Jumu’ah : 9-10.
10
Memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang pengembangan Iptek. 

Menjelaskan arti QS Yunus : 101 dan QS Al-Baqarah : 164. 

Disajikan salah satu dari QS Yunus : 101 atau QS Al-Baqarah : 164  tentang pengembangan iptek, peserta didik dapat mengidentifikasi  kandungan ayat. 
11

NO
STANDAR KOMPETENSI
KEMAMPUAN YANG DIUJI
INDIKATOR
NO SOAL


Melakukan pengembangan Iptek seperti terkandung dalam QS. Yūnus : 101 dan QS. Al Baqarah : 164. 
Ditampilkan wacana tentang pengembangan iptek, peserta didik dapat mengidentifikasi pengembangan iptek seperti yang terkandung dalam QS. Yūnus : 101 dan QS. Al Baqarah :
164 tentang pengembangan iptek 
12
2
Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifatsifatNya dalam Asmaul Husna

Mengidentifikasi perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.
Disajikan narasi tentang sifat Allah yang berkaitan dengan kehidupan manusia, peserta didik dapat mengidentifikasi perilaku yang mencerminkan salah satu dari 10 sifat  Allah
SWT dalam   Asma’ul Husna 
13

3
Meningkatkan keimanan kepada Malaikat.

Menentukan perilaku sebagai cerminan beriman kepada malaikat-malaikat Allah
SWT. dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan narasi tentang tugas salah satu malaikat yang berkaitan dengan kehidupan manusia, peserta didik dapat menentukan  perilaku beriman kepada malaikat-malaikat Allah Swt. dalam kehidupan sehari-hari.
14

Meningkatkan keimanan kepada
Kitab-kitab Allah
Menentukan perilaku beriman kepada
Kitab-kitab Allah
Disajikan narasi tentamng isi kitab-kitab Allah Swt., peserta didik dapat menentukan perilaku beriman kepada kitab-kitab-Nya.
15

Meningkatkan keimanan kepada
Rasul rasul Allah
Menemukan perilaku beriman kepada rasul-rasul Allah SWT
Disajikan ilustrasi kehidupan rasul, peserta didik dapat menemukan perilaku beriman kepada Rasul Allah dalam kehidupan seharihari.

16
Menunjukkan            perilaku            yang
mencerminkan keimanan kepada Rasulrasul Allah dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan narasi tentang kehidupan manusia, peserta didik dapat menunjukkan contoh perilaku yang mencerminkan beriman kepada Rasul-rasul Allah dalam kehidupan seharihari.
17

NO
STANDAR KOMPETENSI
KEMAMPUAN YANG DIUJI
INDIKATOR
NO SOAL






Meningkatkan keimanan kepada
Hari Akhir
Menganalisis pengertian beriman kepada hari akhir.
Disajikan  deskripsi pengertian  iman kepada hari akhir peserta didik dapat mengaitkan hari akhir dengan ilmu pengetahuan
18
Menemukan perilaku yang mencerminkan keimanan kepada hari akhir.
Disajikan ilustrasi peristiwa hari akhir, peserta didik dapat menemukan contoh perilaku beriman kepada hari akhir dalam kehidupan sehari-hari
19
Mengidentifikasi hikmah beriman kepada hari akhir.
Ditampilkan narasi tentang hari akhir, peserta didik dapat mengidentifikasi hikmah beriman kepada hari akhir
20

Meningkatkan keimanan kepada Qadha’ dan Qadhar
Menentukan tanda-tanda keimanan kepada qadha dan qadar.
Disajikan narasi tentang qadha dan qadar Allah dalam kehidupan manusia, peserta didik dapat menentukan tanda-tanda beriman kepada qadha dan qadar Allah SWT. dalam kehidupan sehari-hari
21
Menunjukkan perilaku beriman kepada qadha dan qadar.
Disajikan ilustrasi tentang kehidupan manusia, peserta didik dapat menunjukkan contoh perilaku  yang mencerminkan beriman kepada qadha dan qadar Allah SWT.
22
Membiasakan perilaku terpuji.
Menunjukkan manfaat dan hikmah perilaku husnuzhan dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan ilustrasi kehidupan  di masyarakat, peserta didik dapat menunjukkan manfaat dan hikmah perilaku prasangka baik (husnudzan) dalam kehidupan sehari-hari

23
Menghindari perilaku Tercela
Menemukan cara menghindari perilaku hasad, riya, aniaya dan diskriminasi
Disajikan narasi tentang perilaku hasad, riya, aniaya, atau diskriminasi dalam kehidupan
24

NO
STANDAR KOMPETENSI
KEMAMPUAN YANG DIUJI
INDIKATOR
NO SOAL


dalam kehidupan sehari-hari.
sehari-hari. peserta didik dapat menemukan cara menghindari hasad, riya, aniaya, atau diskriminasi


Membiasakan perilaku terpuji.
Menganalisis   perilaku           yang mencerminkan            penghargaan             terhadap karya orang lain
Ditampilkan    ilustrasi           tentang             kemajuan teknologi,   peserta             didik    dapat mengindentifikasi             perilaku           yang mencerminkan penghargaan tehadap karya orang lain.  
25
.Menghindari perilaku tercela
Mengidentifikasi manfaat atau hikmah larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina
Disajikan ilustrasi pergaulan remaja, peserta didik dapat mengidentifikasi manfaat dan hikmah larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina
26
Membiasakan perilakuterpuji.
Menemukan cara berperilaku adil, ridha, dan amal shaleh dalam kehidupan seharihari
Disajikan ilustrasi tentang perilaku adil, ridha, dan amal shaleh dalam kehidupan sehari-hari peserta didik dapat menemukan cara berperilaku adil, ridha, dan amal shaleh.
27
menentukan hikmah perilaku adil, ridha, atau amal shaleh dalam kehidupan seharihari.
Disajikan contoh kasus dalam kehidupan sehari hari, peserta didik dapat menentukan hikmah perilaku adil, ridha, atau amal shaleh dalam kehidupan seharihari.
28
Menghindari perilaku tercela
Menganalisis perilaku yang termasuk isyraf, tabzir, ghibah, dan fitnah.
Disajikan narasi tentang infotainment, peserta didik dapat menentukan perilaku yang termasuk isyraf, tabzir, ghibah, atau fitnah.
29
Menemukan cara menghindari ghibah atau fitnah.
Disajikan ilustrasi tentang contoh perilaku yang terdapat dalam media sosial, peserta didik dapat menemukan cara menghindari ghibah atau fitnah.
30
4
Memahami sumber hukum Islam, hukum taklifi, dan
Menentukan pengertian, kedudukan dan fungsi Al-Qur’an, Al-Hadits, Ijtihad
Disajikan ilustrasi permasalahan fiqh yang berkembang di masyarakat, peserta didik
31

NO
STANDAR KOMPETENSI
KEMAMPUAN YANG DIUJI
INDIKATOR
NO SOAL

hikmah ibadah. 

sebagai sumber hukum Islam dan hukum taklifi. 

dapat menyimpulkan  fungsi Al-Qur’an, AlHadits, atau Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.

Memahami hukum Islam tentang infak, zakat, haji dan wakaf. 
Menjelaskan ketentuan syar’i tentang infak, zakat, dan wakaf.

Disajikan deskripsi tentang infak, zakat, atau wakaf, peserta didik dapat mengidentifikasi ketentuannya.
32

Memahami hukum Islam tentang muamalah. 

Menjelaskan asas-asas transaksi ekonomi dalam Islam. 

Disajikan deskripsi bentuk jual beli, peserta didik dapat menentukan asas-asas transaksi ekonomi dalam Islam. 
33
Disajikan ilustrasi tentang bentuk kerjasama ekonomi, peserta didik dapat menyimpulkan salah satu macam bentuk kerjasama ekonomi dalam Islam. 
34
Memahami ketentuan hukum Islam tentang pengurusan jenazah. 
Menjelaskan tatacara pengurusan  jenazah. 
Menjelaskan tatacara pengurusan  jenazah. 

Disajikan ilustrasi tentang meninggalnya seseorang, peserta didik dapat menentukan kewajiban terhadap jenazah.
35

Memahami hukum Islam tentang hukum keluarga.  

Menentukan    tata      cara             memandikan, mengkafani,             menyolatkan, atau menguburkan jenazah.
Disajikan ilustrasi tentang penyelenggaraan jenazah, peserta didik dapat menentukan tata cara memandikan, mengkafani, menyolatkan, atau menguburkan jenazah. 
36
Menjelaskan ketentuan hukum, syarat, dan rukun nikah.
Disajikan tentang motivasi seseorang untuk melakukan pernikahan, peserta didik dapat menentukan hukum, syarat, atau rukun nikah.
37
Menelaah ketentuan dan sahnya pernikahan menurut Undang-Undang No.
Disajikan tentang kasus dalam sebuah pernikahan, peserta didik dapat menentukan
38

NO
STANDAR KOMPETENSI
KEMAMPUAN YANG DIUJI
INDIKATOR
NO SOAL


1 Tahun 1974
ketentuan atau sahnya pernikahan menurut Undang-undang.


Menjelaskan ketentuan-ketentuan hukum waris. 

Menjelaskan ketentuan tentang talaq, iddah, dan ruju’.
Disajikan deskripsi tentang kasus dalam sebuah pernikahan, peserta didik dapat menentukan ketentuan, talaq, iddah, atau ruju’.
39
Menjelaskan ketentuan-ketentuan tentang ahli waris.
Disajikan narasi tentang ahli waris, peserta didik dapat menentukan bagian ahli waris.
40

Menghitung bagian masing-masing ahli waris. 

Disajikan ilustrasi tentang contoh pembagian warisan, peserta didik dapat menghitung bagian masing-masing ahli waris. 
41
Menganalisis hikmah hukum waris Islam
Disajikan deskripsi tentang waris, peserta didik dapat menentukan hikmah hukum waris Islam.
42
5
Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Makkah.

Mengidentifikasi substansi dan strategi dakwah Rasullullah Saw. periode Mekah
Disajikan sejarah Rasulullah Saw. pada periode Makah, peserta didik dapat mengidentifikasi substansi atau strategi dakwah Rasululullah Saw. di Mekah.
43
Memahami               keteladanan
Rasulullah dalam membina umat periode Madinah
Menunjukkan substansi dan strategi dakwah Rasullullah Saw. periode
Madinah

Disajikan sejarah Rasulullah Saw. pada periode Madinah, peserta didik dapat menunjukkan substansi atau strategi dakwah  Rasulullah Saw. di Madinah 
44
Memahami perkembangan Islam pada abad pertengahan (1250 – 1800)
Menentukan peradaban Islam pada masa kejayaan
Disajikan bukti peradaban Islam pada masa kejayaan, peserta didik dapat menentukan tokoh yang menghasilkan karya tersebut
45
Memahami perkembangan Islam
pada     masa     modern     (1800-
sekarang)
Memasangkan nama-nama tokoh dan karya tokoh Islam pada masa modern

Disajikan tabel tentang nama-nama tokoh dan karyanya pada masa modern,  peserta didik dapat memasangkan tokoh dan karya
46
NO
STANDAR KOMPETENSI
KEMAMPUAN YANG DIUJI
INDIKATOR
NO SOAL



tersebut dengan benar

Memahami perkembangan Islam di Indonesia
Menentukan strategi dakwah dan  perkembangan Islam di Indonesia.
Disajikan sejarah perkembangan Islam di Indonesia, peserta didik dapat menentukan strategi dakwah atau perkembangan Islam di Indonesia
47
Menunjukkan keteladan tokoh Islam di Indonesia.
Disajikan profil tokoh Islam di Indonesia, peserta didik dapat menunjukkan keteladanan tokoh tersebut
48
Memahami perkembangan Islam di dunia
Menunjukkan      contoh      perkembangan
Islam di dunia.
Ditampilkan contoh perkembangan Islam di dunia, peserta didik dapat menunjukkan salah satu bukti perkembangan Islam di dunia.
49

Menemukan faktor-faktor kemajuan dan
kemunduran Islam di dunia

Disajikan narasi tentang Islam di dunia, peserta didik dapat menemukan faktor-faktor kemajuan atau kemunduran Islam di dunia
50 


No comments:

Post a Comment