SEKOLAH MENENGAH ATAS/ SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMA/SMK) TAHUN PELAJARAN 2016/2017
DIREKTORAT PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM
KEMENTERIAN AGAMA RI
KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (USBN)
PENDIDIKANAGAMA ISLAM (PAI) DAN BUDI PEKERTI
TINGKAT
SEKOLAH MENENGAH ATAS/KEJURUAN (SMA/K)
TAHUN
PELAJARAN2016/2017
Kurikulum
2006
|
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KEMAMPUAN YANG DIUJI
|
INDIKATOR
|
NO SOAL
|
|
1
|
Memahami
ayat-ayat Al-qur’an tentang tugas manusia sebagai khalifah
|
Memahami Q.S
Al-Baqarah; 30, Q.S. AlMukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat: 56, dan Al Haj
: 5
|
Disajikan
salah satu dari Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. AzZariyat: 56, Al-Haj : 5 tentang tugas manusia sebagai khalifah yang tidak
lengkap, peserta didik dapat melengkapi ayat tersebut
|
1
|
|
Disajikan
tabel mufradat salah satu dari Q.S Al-Baqarah;
30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S.
Az-Zariyat: 56, atau Al-Haj : 5 tentang tugas manusia
sebagai khalifah, peserta didik dapat memasangkan lafadz dan artinya dengan
benar
|
2
|
|||
|
Memahami
ayat-ayat Al-Qur’an tentang demokrasi.
|
Menyebutkan
arti QS Ali Imran 159: dan QS Asy Syura: 38
|
Disajikan
salah satu dari QS Ali Imran 159:
dan QS Asy Syura: 38 tentang
demokrasi, peserta didik dapat menentukan arti dari ayat yang bergaris
bawah.
|
3
|
|
|
Menunjukkan perilaku demokratis seperti yang terkandung
dalam QS Ali Imran : 159 dan Q.S. Asyura;
38 dalam
kehidupan sehari-hari
|
Ditampilkan
narasi tentang perilaku hidup yang demokratis peserta didik dapat menentukan
ayat yang sesuai.
|
4
|
||
|
Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang Kompetisi dalam
|
Mampu membaca Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy-Syura : 38
dengan baik dan benar.
|
Disajikan
beberapa potongan dari Q.S. Ali Imran
: 159 atau Asy-Syura : 38 tentang kompetisi dalam kebaikan yang disusun
secara acak, peserta didik mengurutkan
|
5
|
|
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KEMAMPUAN YANG DIUJI
|
INDIKATOR
|
NO SOAL
|
|
|
Kebaikan
|
|
susunan ayat tersebut dengan utuh
|
|
|
Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Baqarah : 148 dan
Fatir : 32 dengan baik dan benar.
|
Disajikan tabel bacaan beserta hukum tajwid dari salah
satu Q.S. Al Baqarah : 148 atau Q.S. Fatir : 32 tentang kompetisi dalam kebaikan, peserta
didik dapat menemukan
pasangan hukum tajwid yang
benar
|
6
|
||
|
Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang perintah menjaga
kelestarian lingkungan
|
Membiasakan
perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup seperti terkandung dalam QS Ar- Rūm : 41-42, QS Al-A’rāf : 56-58, dan QS
Shād : 27.
|
Disajikan
narasi tentang perilaku menjaga
kelestarian lingkungan hidup sebagaimana yang terkandung dalam QS Ar- Rūm : 41-42, QS Al-A’rāf : 56-58, dan QS
Shād : 27, peserta didik dapat
menentukan kebiasaan melestarikan lingkungan hidup.
|
7
|
|
|
Memahami
ayat-ayat Al Qur’an tentang etos kerja.
|
Menjelaskan arti QS.
Al Mujādalah : 11 dan QS. Al
Jumu’ah : 9-10.
|
Disajikan
tabel tentang mufradat dari salah satu QS.
Al Mujādalah : 11 atau QS. Al Jumu’ah : 9-10 ayat tentang
etos kerja, peserta didik dapat menetukan pasangan kalimat dengan arti ayat
secara benar.
|
8
|
|
|
Mampu mengidentifikasi hukum
tajwid
QS. Al Mujādalah : 11 dan QS. Al Jumu’ah : 9-10
|
Disajikan
QS Yunus; 101 atau QS AlBaqarah; 164 tentang etos kerja,
peserta didik dapat mengidentifikasi hukum tajwid ayat yang bergaris bawah.
|
9
|
||
|
Membiasakan perilaku beretos kerja seperti terkandung
dalam QS. Al
Mujādalah : 11, dan QS. Al - Jumu’ah :
9-10.
|
Ditampilkan
ilustrasi tentang etos kerja, peserta didik dapat menunjukkan perilaku yang
mencerminkan etos kerja seperti yang terkandung dalam QS. Al Mujādalah : 11, dan QS.
Al - Jumu’ah : 9-10.
|
10
|
||
|
Memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang pengembangan
Iptek.
|
Menjelaskan
arti QS Yunus : 101 dan QS Al-Baqarah : 164.
|
Disajikan
salah satu dari QS Yunus : 101 atau
QS Al-Baqarah : 164 tentang pengembangan iptek, peserta didik
dapat mengidentifikasi kandungan
ayat.
|
11
|
|
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KEMAMPUAN YANG DIUJI
|
INDIKATOR
|
NO SOAL
|
|
|
|
Melakukan pengembangan Iptek
seperti terkandung dalam QS. Yūnus : 101 dan QS. Al Baqarah : 164.
|
Ditampilkan wacana tentang pengembangan iptek, peserta
didik dapat mengidentifikasi pengembangan iptek seperti yang terkandung dalam
QS. Yūnus : 101 dan QS. Al Baqarah :
164 tentang pengembangan
iptek
|
12
|
|
2
|
Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui
pemahaman sifatsifatNya dalam Asmaul Husna
|
Mengidentifikasi
perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul
Husna.
|
Disajikan narasi tentang sifat Allah yang berkaitan dengan
kehidupan manusia, peserta didik dapat mengidentifikasi perilaku yang
mencerminkan salah satu dari 10 sifat
Allah
SWT dalam Asma’ul Husna
|
13
|
|
3
|
Meningkatkan keimanan kepada Malaikat.
|
Menentukan perilaku sebagai cerminan beriman kepada
malaikat-malaikat Allah
SWT. dalam kehidupan sehari-hari
|
Disajikan
narasi tentang tugas salah satu malaikat yang berkaitan dengan kehidupan
manusia, peserta didik dapat menentukan
perilaku beriman kepada malaikat-malaikat Allah Swt. dalam kehidupan
sehari-hari.
|
14
|
|
|
Meningkatkan
keimanan kepada
Kitab-kitab Allah
|
Menentukan perilaku beriman kepada
Kitab-kitab Allah
|
Disajikan
narasi tentamng isi kitab-kitab Allah Swt., peserta didik dapat menentukan
perilaku beriman kepada kitab-kitab-Nya.
|
15
|
|
|
Meningkatkan
keimanan kepada
Rasul rasul Allah
|
Menemukan
perilaku beriman kepada rasul-rasul Allah SWT
|
Disajikan ilustrasi kehidupan rasul, peserta didik dapat
menemukan perilaku beriman kepada Rasul Allah dalam kehidupan seharihari.
|
16
|
|
Menunjukkan
perilaku yang
mencerminkan
keimanan kepada Rasulrasul Allah dalam kehidupan sehari-hari
|
Disajikan
narasi tentang kehidupan manusia, peserta didik dapat menunjukkan contoh
perilaku yang mencerminkan beriman kepada Rasul-rasul Allah dalam kehidupan
seharihari.
|
17
|
|
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KEMAMPUAN YANG DIUJI
|
INDIKATOR
|
NO SOAL
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Meningkatkan
keimanan kepada
Hari Akhir
|
Menganalisis
pengertian beriman kepada hari akhir.
|
Disajikan deskripsi pengertian iman kepada hari akhir peserta didik dapat
mengaitkan hari akhir dengan ilmu pengetahuan
|
18
|
|
Menemukan
perilaku yang mencerminkan keimanan kepada hari akhir.
|
Disajikan
ilustrasi peristiwa hari akhir, peserta didik dapat menemukan contoh perilaku
beriman kepada hari akhir dalam kehidupan sehari-hari
|
19
|
||
|
Mengidentifikasi
hikmah beriman kepada hari akhir.
|
Ditampilkan
narasi tentang hari akhir, peserta didik dapat mengidentifikasi hikmah
beriman kepada hari akhir
|
20
|
||
|
|
Meningkatkan
keimanan kepada Qadha’ dan Qadhar
|
Menentukan
tanda-tanda keimanan kepada qadha
dan qadar.
|
Disajikan
narasi tentang qadha dan qadar Allah dalam kehidupan manusia, peserta didik
dapat menentukan tanda-tanda beriman kepada qadha dan qadar Allah
SWT. dalam kehidupan sehari-hari
|
21
|
|
Menunjukkan
perilaku beriman kepada qadha dan qadar.
|
Disajikan
ilustrasi tentang kehidupan manusia, peserta didik dapat menunjukkan contoh
perilaku yang mencerminkan beriman
kepada qadha dan qadar Allah SWT.
|
22
|
||
|
Membiasakan perilaku terpuji.
|
Menunjukkan manfaat dan hikmah
perilaku husnuzhan dalam kehidupan sehari-hari
|
Disajikan ilustrasi kehidupan di masyarakat, peserta didik dapat
menunjukkan manfaat dan hikmah perilaku prasangka baik (husnudzan) dalam kehidupan sehari-hari
|
23
|
|
|
Menghindari perilaku Tercela
|
Menemukan
cara menghindari perilaku hasad, riya, aniaya dan diskriminasi
|
Disajikan
narasi tentang perilaku hasad, riya, aniaya, atau diskriminasi dalam
kehidupan
|
24
|
|
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KEMAMPUAN YANG DIUJI
|
INDIKATOR
|
NO SOAL
|
|
|
|
dalam kehidupan sehari-hari.
|
sehari-hari.
peserta didik dapat menemukan cara menghindari hasad, riya, aniaya, atau
diskriminasi
|
|
|
|
Membiasakan perilaku terpuji.
|
Menganalisis perilaku yang
mencerminkan penghargaan terhadap karya orang lain
|
Ditampilkan ilustrasi tentang
kemajuan teknologi, peserta didik
dapat mengindentifikasi perilaku yang mencerminkan penghargaan tehadap karya orang
lain.
|
25
|
|
.Menghindari
perilaku tercela
|
Mengidentifikasi
manfaat atau hikmah larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina
|
Disajikan
ilustrasi pergaulan remaja, peserta didik dapat mengidentifikasi manfaat dan
hikmah larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina
|
26
|
|
|
Membiasakan
perilakuterpuji.
|
Menemukan cara berperilaku adil,
ridha, dan amal shaleh dalam kehidupan seharihari
|
Disajikan
ilustrasi tentang perilaku adil, ridha, dan amal shaleh dalam kehidupan
sehari-hari peserta didik dapat menemukan cara berperilaku adil, ridha, dan
amal shaleh.
|
27
|
|
|
menentukan hikmah perilaku adil,
ridha, atau amal shaleh dalam kehidupan seharihari.
|
Disajikan
contoh kasus dalam kehidupan sehari hari, peserta didik dapat menentukan
hikmah perilaku adil, ridha, atau amal shaleh dalam kehidupan seharihari.
|
28
|
||
|
Menghindari perilaku tercela
|
Menganalisis perilaku yang
termasuk isyraf, tabzir, ghibah, dan fitnah.
|
Disajikan
narasi tentang infotainment,
peserta didik dapat menentukan perilaku yang termasuk isyraf, tabzir, ghibah,
atau fitnah.
|
29
|
|
|
Menemukan cara menghindari ghibah
atau fitnah.
|
Disajikan
ilustrasi tentang contoh perilaku yang terdapat dalam media sosial, peserta
didik dapat menemukan cara menghindari ghibah atau fitnah.
|
30
|
||
|
4
|
Memahami
sumber hukum Islam, hukum taklifi, dan
|
Menentukan
pengertian, kedudukan dan fungsi Al-Qur’an, Al-Hadits, Ijtihad
|
Disajikan
ilustrasi permasalahan fiqh yang berkembang di masyarakat, peserta didik
|
31
|
|
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KEMAMPUAN YANG DIUJI
|
INDIKATOR
|
NO SOAL
|
|
|
hikmah ibadah.
|
sebagai
sumber hukum Islam dan hukum taklifi.
|
dapat
menyimpulkan fungsi Al-Qur’an,
AlHadits, atau Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
|
|
|
Memahami
hukum Islam tentang infak, zakat, haji dan wakaf.
|
Menjelaskan ketentuan syar’i tentang infak, zakat, dan
wakaf.
|
Disajikan
deskripsi tentang infak, zakat, atau wakaf, peserta didik dapat
mengidentifikasi ketentuannya.
|
32
|
|
|
|
Memahami hukum Islam tentang muamalah.
|
Menjelaskan asas-asas transaksi ekonomi dalam Islam.
|
Disajikan
deskripsi bentuk jual beli, peserta didik dapat menentukan asas-asas
transaksi ekonomi dalam Islam.
|
33
|
|
Disajikan
ilustrasi tentang bentuk kerjasama ekonomi, peserta didik dapat menyimpulkan
salah satu macam bentuk kerjasama ekonomi dalam Islam.
|
34
|
|||
|
Memahami
ketentuan hukum Islam tentang pengurusan jenazah.
|
Menjelaskan
tatacara pengurusan jenazah.
Menjelaskan tatacara
pengurusan jenazah.
|
Disajikan
ilustrasi tentang meninggalnya seseorang, peserta didik dapat menentukan
kewajiban terhadap jenazah.
|
35
|
|
|
Memahami hukum Islam tentang hukum keluarga.
|
Menentukan
tata cara
memandikan, mengkafani, menyolatkan, atau menguburkan jenazah.
|
Disajikan
ilustrasi tentang penyelenggaraan jenazah, peserta didik dapat menentukan
tata cara memandikan, mengkafani, menyolatkan, atau menguburkan jenazah.
|
36
|
|
|
Menjelaskan ketentuan hukum,
syarat, dan rukun nikah.
|
Disajikan
tentang motivasi seseorang untuk melakukan pernikahan, peserta didik dapat
menentukan hukum, syarat, atau rukun nikah.
|
37
|
||
|
Menelaah ketentuan dan sahnya
pernikahan menurut Undang-Undang No.
|
Disajikan
tentang kasus dalam sebuah pernikahan, peserta didik dapat menentukan
|
38
|
|
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KEMAMPUAN YANG DIUJI
|
INDIKATOR
|
NO SOAL
|
|
|
|
1 Tahun
1974
|
ketentuan atau sahnya pernikahan
menurut Undang-undang.
|
|
|
Menjelaskan
ketentuan-ketentuan hukum waris.
|
Menjelaskan
ketentuan tentang talaq, iddah, dan ruju’.
|
Disajikan
deskripsi tentang kasus dalam sebuah pernikahan, peserta didik dapat
menentukan ketentuan, talaq, iddah, atau ruju’.
|
39
|
|
|
Menjelaskan ketentuan-ketentuan
tentang ahli waris.
|
Disajikan
narasi tentang ahli waris, peserta didik dapat menentukan bagian ahli waris.
|
40
|
||
|
|
Menghitung
bagian masing-masing ahli waris.
|
Disajikan
ilustrasi tentang contoh pembagian warisan, peserta didik dapat menghitung
bagian masing-masing ahli waris.
|
41
|
|
|
Menganalisis hikmah hukum waris
Islam
|
Disajikan deskripsi tentang waris,
peserta didik dapat menentukan hikmah hukum waris Islam.
|
42
|
||
|
5
|
Memahami keteladanan Rasulullah
dalam membina umat periode Makkah.
|
Mengidentifikasi
substansi dan strategi dakwah Rasullullah Saw. periode Mekah
|
Disajikan
sejarah Rasulullah Saw. pada periode Makah, peserta didik dapat
mengidentifikasi substansi atau strategi dakwah Rasululullah Saw. di Mekah.
|
43
|
|
Memahami keteladanan
Rasulullah dalam membina umat
periode Madinah
|
Menunjukkan substansi dan strategi dakwah Rasullullah Saw.
periode
Madinah
|
Disajikan
sejarah Rasulullah Saw. pada periode Madinah, peserta didik dapat menunjukkan
substansi atau strategi dakwah
Rasulullah Saw. di Madinah
|
44
|
|
|
Memahami
perkembangan Islam pada abad pertengahan (1250 – 1800)
|
Menentukan peradaban Islam pada
masa kejayaan
|
Disajikan
bukti peradaban Islam pada masa kejayaan, peserta didik dapat menentukan
tokoh yang menghasilkan karya tersebut
|
45
|
|
|
Memahami
perkembangan Islam
pada masa modern (1800-
sekarang)
|
Memasangkan nama-nama tokoh dan karya tokoh Islam pada
masa modern
|
Disajikan
tabel tentang nama-nama tokoh dan karyanya pada masa modern, peserta didik dapat memasangkan tokoh dan
karya
|
46
|
|
|
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KEMAMPUAN YANG DIUJI
|
INDIKATOR
|
NO SOAL
|
|
|
|
|
tersebut dengan benar
|
|
|
Memahami perkembangan Islam di
Indonesia
|
Menentukan
strategi dakwah dan perkembangan Islam
di Indonesia.
|
Disajikan
sejarah perkembangan Islam di Indonesia, peserta didik dapat menentukan
strategi dakwah atau perkembangan Islam di Indonesia
|
47
|
|
|
Menunjukkan keteladan tokoh Islam
di Indonesia.
|
Disajikan
profil tokoh Islam di Indonesia, peserta didik dapat menunjukkan keteladanan
tokoh tersebut
|
48
|
||
|
Memahami
perkembangan Islam di dunia
|
Menunjukkan contoh
perkembangan
Islam di dunia.
|
Ditampilkan
contoh perkembangan Islam di dunia, peserta didik dapat menunjukkan salah
satu bukti perkembangan Islam di dunia.
|
49
|
|
|
|
Menemukan faktor-faktor kemajuan
dan
kemunduran Islam di dunia
|
Disajikan
narasi tentang Islam di dunia, peserta didik dapat menemukan faktor-faktor
kemajuan atau kemunduran Islam di dunia
|
50
|
No comments:
Post a Comment