KISI-KISI
UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL
SEKOLAH
MENENGAH ATAS / MADRASAH ALIYAH
KURIKULUM
2006 TAHUN PELAJARAN 2016/2017
MATA
PELAJARAN: PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN
LEVEL
KOGNITIF
|
CAKUPAN
MATERI
|
|||
SISTEM
KETATANEGARAAN
|
DEMOKRASI
DAN KEBEBASAN PERS
|
DASAR
NEGARA DAN KONSTITUSI
|
HUBUNGAN
INTERNASIONAL DAN HAM
|
|
Pengetahuan dan
Pemahaman
· Mengidentifikasi
· Menunjukkan
· Menjelaskan
· Mendeskripsikan
|
Siswa
dapat memahami dan menguasai :
· Faktor
pembentuk Bangsa Indonesia
· Masyarakat
Madani
· Sistem
Peerintahan
· Komponen-komponen
politik
· Bentuk
negara
· Bentuk
pemerintahan
|
Siswa
dapat memahami dan menguasai :
· Pelaksanaaan
Demokrasi di Indonesia
· Pemerintahan
yang terbuka
· kebebasan
Pers
|
Siswa
dapat memahami dan menguasai :
· Pancasila
sebagai ideologi terbuka
· Pancasila
sebagai sumber nilai
· Pelaksanaan
UUD NRI Tahun 1945 sebagai kaidah yang fundamental
|
Siswa
dapat memahami dan menguasai :
· Penghormatan
dan penegakan HAM
· Perwakilan
diplomatiK
· kewarganegaraan
· Organisasi
Internasional
· Perjanjian
Internasional
|
PG : No. 1, 2
Uraian : No. 41
|
PG : No. 13
|
PG : No. 22, 23
|
PG : No. 29, 30
|
|
Aplikasi
· Memberi
contoh
· Menentukan
· Menerapkan
· Menginterpretasi
· Mengurutkan
|
Siswa
dapat menganalisis :
· Faktor
pembentuk Bangsa Indonesia
· Masyarakat
Madani
· Sistem
Pemerintahan
· Komponen-komponen
politik
· Bentuk
negara
Bentuk
pemerintahan
|
Siswa
dapat menganalisis:
· Pelaksanaaan
Demokrasi di Indonesia
· Pemerintahan
yang terbuka
· kebebasan
Pers
|
Siswa
dapat menganalisis:
· Pancasila
sebagai ideologi terbuka
· Pancasila
sebagai sumber nilai
· Pelaksanaan
UUD NRI Tahun 1945 sebagai kaidah yang fundamental
|
Siswa
dapat menganalisis :
· Penghormatan
dan penegakan HAM
· Perwakilan
diplomatiK
· kewarganegaraan
· Organisasi
Internasional
· Perjanjian
Internasional
|
PG : No. 4, 6,
8, 9, 10
|
PG : No.
15,16,17,18,19
|
PG : No. 25, 26
Uraian : No. 44
|
PG : No. 32, 34,
35, 37, 38
|
|
Penalaran
· Menganalisis
· Mengevaluasi
· Mengaitkan
· Menyimpulkan
|
Siswa
dapat menggunakan nalar dalam mengkaji :
· Faktor
pembentuk Bangsa Indonesia
· Masyarakat
Madani
· Sistem
Pemerintahan
· Komponen-komponen
politik
· Bentuk
negara
Bentuk
pemerintahan
|
Siswa
dapat menggunakan nalar dalam mengkaji :
· Pelaksanaaan
Demokrasi di Indonesia
· Pemerintahan
yang terbuka
· kebebasan
Pers
|
Siswa
dapat menggunakan nalar dalam mengkaji :
· Pancasila
sebagai ideologi terbuka
· Pancasila
sebagai sumber nilai
· Pelaksanaan
UUD NRI Tahun 1945 sebagai kaidah yang fundamental
|
Siswa
dapat menggunakan nalar dalam mengkaji :
· Penghormatan
dan penegakan HAM
· Perwakilan
diplomatiK
· kewarganegaraan
· Organisasi
Internasional
· Perjanjian
Internasional
|
PG : No. 11, 12
Uraian : No. 42
|
PG : No. 20
|
PG : No. 28
|
PG : No. 39, 40
Uraian : No. 45
|
|
Jumlah Soal
|
12
Pilihan ganda : 10 soal
Uraian : 2 Soal
|
8
Pilihan ganda : 7 soal
Uraian : 1 Soal
|
8
Pilihan ganda : 7 soal
Uraian : 1 Soal
|
PG : No. 39, 40
Uraian
: No. 45
|
LEVEL KOGNITIF
|
CAKUPAN MATERI
|
|||
SISTEM KETATANEGARAAN
|
DEMOKRASI DAN KEBEBASAN PERS
|
DASAR NEGARA DAN KONSTITUSI
|
HUBUNGAN INTERNASIONAL DAN HAM
|
|
Pengetahuan
dan Pemahaman
|
PG : 3
Uraian : 1
|
PG : 2
Uraian : 1
|
PG : 2
|
PG : 3
|
Aplikasi
|
PG : 7
|
PG : 5
|
PG : 5
Uraian : 1
|
PG : 7
Uraian : 1
|
Penalaran
|
PG : 2
Uraian : 1
|
PG : 1
|
PG : 1
|
PG : 2
|
Jumlah
Soal
|
12
|
8
|
8
|
12
|
Nomor
Soal 25%
|
3, 5, 7
|
14, 43
|
21, 24, 27
|
31, 33, 36
|
Keterangan :
Nomor 1-40 Soal
Pilihan Ganda dan 41-45 Soal Uraian
3 : Faktor
pembentuk Bangsa Indonesia
5 : Sistem
Pemerintahan
7 :
Komponen-komponen politik
14 : Kebebasan Pers
21 : Pancasila sebagai ideologi terbuka
24 : Pancasila sebagai sumber nilai
27 : UUD NRI Tahun 1945 sebagai kaidah yang
fundamental
31 : Penghormatan dan penegakan HAM
33 : Perwakilan diplomatiK
36 : Organisasi Internasional
43 : Demokrasi dan kebebasan pers
No comments:
Post a Comment