Saturday, 18 March 2017

KISI-KISI USBN SEKOLAH MENENGAH ATAS / MADRASAH ALIYAH KURIKULUM 2006 TAHUN PELAJARAN 2016/2017

KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL
SEKOLAH MENENGAH ATAS / MADRASAH ALIYAH
KURIKULUM 2006 TAHUN PELAJARAN 2016/2017

MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
LEVEL KOGNITIF
CAKUPAN MATERI
SISTEM KETATANEGARAAN
DEMOKRASI DAN KEBEBASAN PERS
DASAR NEGARA DAN KONSTITUSI
HUBUNGAN INTERNASIONAL DAN HAM
Pengetahuan dan Pemahaman
·  Mengidentifikasi
·  Menunjukkan
·  Menjelaskan
·  Mendeskripsikan
Siswa dapat memahami dan menguasai :
·   Faktor pembentuk Bangsa Indonesia
·   Masyarakat Madani
·   Sistem Peerintahan
·   Komponen-komponen politik
·   Bentuk negara
·   Bentuk pemerintahan



Siswa dapat memahami dan menguasai :
·      Pelaksanaaan Demokrasi di Indonesia
·      Pemerintahan yang terbuka
·      kebebasan Pers




Siswa dapat memahami dan menguasai :
·     Pancasila sebagai ideologi terbuka
·     Pancasila sebagai sumber nilai
·     Pelaksanaan UUD NRI Tahun 1945 sebagai kaidah yang fundamental

Siswa dapat memahami dan menguasai :
·      Penghormatan dan penegakan HAM
·      Perwakilan diplomatiK
·      kewarganegaraan
·      Organisasi Internasional
·      Perjanjian Internasional
PG : No. 1, 2
Uraian : No. 41
PG : No. 13
PG : No. 22, 23
PG : No. 29, 30
Aplikasi
·  Memberi contoh
·  Menentukan
·  Menerapkan
·  Menginterpretasi
·  Mengurutkan
Siswa dapat menganalisis :
·   Faktor pembentuk Bangsa Indonesia
·   Masyarakat Madani
·   Sistem Pemerintahan
·   Komponen-komponen politik
·   Bentuk negara
Bentuk pemerintahan
Siswa dapat menganalisis:
·      Pelaksanaaan Demokrasi di Indonesia
·      Pemerintahan yang terbuka
·      kebebasan Pers




Siswa dapat menganalisis:
·     Pancasila sebagai ideologi terbuka
·     Pancasila sebagai sumber nilai
·     Pelaksanaan UUD NRI Tahun 1945 sebagai kaidah yang fundamental


Siswa dapat menganalisis :
·      Penghormatan dan penegakan HAM
·      Perwakilan diplomatiK
·      kewarganegaraan
·      Organisasi Internasional
·      Perjanjian Internasional
PG : No. 4, 6, 8, 9, 10
PG : No. 15,16,17,18,19
PG : No. 25, 26
Uraian : No. 44
PG : No. 32, 34, 35, 37, 38
Penalaran
·   Menganalisis
·   Mengevaluasi
·   Mengaitkan
·   Menyimpulkan

Siswa dapat menggunakan nalar dalam mengkaji :
·   Faktor pembentuk Bangsa Indonesia
·   Masyarakat Madani
·   Sistem Pemerintahan
·   Komponen-komponen politik
·   Bentuk negara
Bentuk pemerintahan

Siswa dapat menggunakan nalar dalam mengkaji :
·      Pelaksanaaan Demokrasi di Indonesia
·      Pemerintahan yang terbuka
·      kebebasan Pers






Siswa dapat menggunakan nalar dalam mengkaji :
·     Pancasila sebagai ideologi terbuka
·     Pancasila sebagai sumber nilai
·     Pelaksanaan UUD NRI Tahun 1945 sebagai kaidah yang fundamental


Siswa dapat menggunakan nalar dalam mengkaji :
·      Penghormatan dan penegakan HAM
·      Perwakilan diplomatiK
·      kewarganegaraan
·      Organisasi Internasional
·      Perjanjian Internasional


PG : No. 11, 12
Uraian : No. 42
PG : No. 20
PG : No. 28
PG : No. 39, 40
Uraian : No. 45
Jumlah Soal
12
Pilihan ganda : 10 soal
Uraian : 2 Soal

8
Pilihan ganda : 7 soal
Uraian : 1 Soal
8
Pilihan ganda : 7 soal
Uraian : 1 Soal
PG : No. 39, 40
Uraian : No. 45




LEVEL KOGNITIF
CAKUPAN MATERI
SISTEM KETATANEGARAAN
DEMOKRASI DAN KEBEBASAN PERS
DASAR NEGARA DAN KONSTITUSI
HUBUNGAN INTERNASIONAL DAN HAM
Pengetahuan dan Pemahaman
PG : 3
Uraian : 1
 PG : 2
Uraian : 1
PG : 2
PG : 3
Aplikasi
 PG : 7
 PG : 5
PG : 5
Uraian : 1
PG : 7
Uraian : 1
Penalaran
PG : 2
Uraian : 1
PG : 1
PG : 1
PG : 2
Jumlah Soal
12
8
8
12
Nomor Soal 25%
3, 5, 7
14, 43
21, 24, 27
31, 33, 36
Keterangan :
Nomor 1-40 Soal Pilihan Ganda dan 41-45 Soal Uraian

3 :  Faktor pembentuk Bangsa Indonesia
5 :  Sistem Pemerintahan
7 :  Komponen-komponen politik
14 : Kebebasan Pers
21 : Pancasila sebagai ideologi terbuka
24 : Pancasila sebagai sumber nilai
27 : UUD NRI Tahun 1945 sebagai kaidah yang fundamental
31 : Penghormatan dan penegakan HAM
33 : Perwakilan diplomatiK
36 : Organisasi Internasional
43 : Demokrasi dan kebebasan pers


No comments:

Post a Comment