Tuesday, 26 April 2016

DIKTAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TENTANG MENGOPERASIKAN MICROSOFT EXCEL 2016 di windows 10



DIKTAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TENTANG MENGOPERASIKAN MICROSOFT EXCEL 2016 di windows 10

                                     
                                      Disusun Oleh           : Norman
                                      Kelas                      : XI IPS 2
                 Guru Pembimbing  : H. Raihanuddin, S.pd



    DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN BARITO KUALA
SMAN 1 Anjir Pasar
Tahun Pelajaran 2015/2016
Alamat Jl. Trans Kalimantan Km 27,5 Kode Pos 70565
  1. CARA MEMBUKA DAN MENUTUP MICROSOFT EXCEL 2016
·         Langkah membuka
1)      Klik Start
2)      All Program
3)      Microsoft Office 2016
4)      Microsoft Office Excel 2016
atau
Dobel klik shortcut Microsoft excel 2016 pada desktop

                                                                              
                                                                                    Excel 2016
·         Langkah menutup
1)      Klik File
2)      Close
3)      Nanti ada pilihan untuk menyimpan atau tidak file yang telah kita kerjakan.

  1. CARA PENGOPERASIAN MICROSOFT EXCEL 2016
Contoh, perhatikan data berikut ini :
DATA PENJUALAN BARANG BULAN DESEMBER 2014
KOPERASI PERTANIAN DESA “ SALUANG “
No
Nama Sales
Tanggal
Kode
Jumlah
Lokasi
1
Aluh
1-Dec-14
D
125
BANDUNG
2
Utuh
1-Dec-14
A
300
BANJARMASIN
3
Sarif
2-Dec-14
C
250
BANDUNG
4
Ansar
4-Dec-14
A
175
SURABAYA
5
Randi
6-Dec-14
A
200
BANDUNG
6
Novita
10-Dec-14
B
255
BANJARMASIN
7
Nana
12-Dec-14
B
300
SEMARANG
8
Syahdan
12-Dec-14
C
170
SEMARANG
9
Miftah
16-Dec-14
C
350
JAKARTA
10
Muchlis
18-Dec-14
B
125
SURABAYA
11
Asmul
20-Dec-14
C
200
JAKARTA
12
Masnah
22-Dec-14
A
400
JAKARTA
13
Hakim
26-Dec-14
D
210
BANJARMASIN
14
Nafarin
30-Dec-14
D
250
BANDUNG
15
Muna
30-Dec-14
A
170
SEMARANG


1.       Cara membuat judul berada di tengah
·         Langkah
1)      Ketik judul yang diinginkan pada Microsoft excel 2013 misalkan “ DATA PENJUALAN BARANG BULAN DESEMBER 2014 KOPERASI PERTANIAN DESA SALUANG
2)      Blok judul tersebut
3)      Klik menu home
4)      Alignment
5)      Klik merge and center
2.       Cara membuat penomoran otomatis
·         Langkah
1)      Ketik NO/Nomor pada sel yang kita inginkan
2)      Ketik angka 1 seperti gambar di bawah ini
3)      Lalu Tarik secara bersamaan menggunakan tombol Control (CTRL) dan mouse secara bersamaan
4)      Tarik ke bawah sesuai kehendak kita berapa yang kita ingin beri nomor .

3.       Cara membuat tanggal secara otomatis
·         Langkah
1)      Pilih sel yang ingin diformat lalu blok
2)      Tekan Ctrl + 1 atau klik kanan pada sel yang dipilih  lalu pilih format sel
3)      Dalam kotak format sel, klik tab angka
4)      Dalam daftar kategori, klik tanggal, lalu di bawah tipe, ambil format tanggal yang mendekati format yang anda inginkan.
4.       Cara membuat border
·         Langkah
1)      Yang pertama blok data yang ingin kita border .
2)      Klik kanan pada data yang diblok, pilih format sel
3)      Pilih menu border
4)      Disana terdapat style, Presets, Color, Border, dan sebagainya . sesuaikan keinginan kita.
5)      Lalu klik ok
















CARA MEMBUAT NOTA PENJUALAN NASI KUNING
  1. Cara mengatur kertas
·         Langkah
1)      Klik Page Layout
2)      Klik Page Setup
3)      Lalu pilih Lanscape
4)      Klik Ok
  1. Lalu ketik “Nota Penjualan Nasi Kuning” dan “No”.
  2. Dibawah kolom No ketik angka 1 dan ketik set kebawah untuk memberi nomor
  1. Selanjutnya ketik “Jenis Masakan” dan “Kode Masakan”
  1. Tambahkan di sel selanjutnya “Harga Per Porsi” lalu blok sampai no 7, lalu
1)      Ubah dulu formatnya menjadi Accounting
2)      Klik kanan
3)      pilih Format Cell
4)      Klik Number
5)      Klik Currency
6)      pilih decimal place 0 dan Symbol “Rp Indonesia”
7)      Klik OK
  1. Lalu pada sel “Per Porsi” angkanya diketik secara manual sehingga secara otomatis akan muncul harga Rp .
  1. Buat pada sel selanjutnya “Banyaknya Porsi/Buah “ dengan diketik secara manual
  1. Buat sel selanjutnya “Jumlah Harga /Jenis Masakan” dan diblok seluruhnya sampai No 7, lalu klik(=) lalu klik Harga Perporsi dikali dengan Banyaknya Perporsi/Buah, contoh ( =D5*E5 ).
  1. Lalu tekan ENTER dan Tarik di ujung sel sampai kebawah akan muncul angka Rp Indonesia seperti pada gambar dibawah ini .
  1. Buat lagi sel disebelahnya dengan judul “Potongan Harga”  lalu di blok seluruhnya sampai angka No 7, lalu klik (=)> Lalu klik Jumlah Harga/Jenis Makanan dikali dengan 0.5%, contoh : (=F5*0.5%)
  1. Lalu klik ENTER dan Tarik ujung sel yang aktif kebawah sampai kolom terakhir dan akan muncul potongan harganya .
  1. Kemudian ketik pada sel selanjutnya “Jumlah yang Harus Dibayar”, pada kolom ini blok seluruhnya kolom sampai kolom paling bawah. Lalu ketik (=) klik Jumlah Harga/Jenis Masakan dikurang dengan Potongan Harga. contoh : (=F5-G5)
  1. Lalu tekan ENTER. Akan muncul angka dan tarik ujung sel sampai kebawah akan muncul berapa Jumlah yang Harus Dibayar.
  1. Lalu buat di sel paling bawah “jumlah”, tambahkan seluruh nya tiap kolom Banyak Porsi/Buah, Jumlah Harga/Jenis Masakan, Potongan Harga, dan Jumlah yang Harus Dibayar . contoh seperti padea gambar di bawah ini :
  1. Kemudian tekan ENTER dan Jumlah angka total dari jumlah tiap-tiap kolom tersebut akan muncul seperti gambar dibawah ini .
  1. Selanjutnya buat border dengan cara memblok seluruh range tabel
  1. Selanjutnya, klik kanan > Pilih Format Cells > Pilih Border
  1. Setelah itu pilih menu sesuai keinginan  anda. Ada outline, inside, noun, color, style, lalu klik ok









CONTOH CARA MEMBUAT DIKTAT DAFTAR GAJI KARYAWAN
1.       Mengubah ukuran kertas
·         Langkah
ü  Pilih page layout
ü  Pilih orientation
ü  Pilih kertas yang dinginkan Portrait atau landscape
ü  Dan pilih size untuk merubah ukuran yang dinginkan
2.       Menggabung beberapa sel
·         Langkah
ü  Blok sel yang diinginkan
ü  Pilih menu Home
ü  Pilih Merge & Center
3.       Memberi Nomor
·         Langkah
ü  Klik angka 1 pada sel
ü  Klik pada ujung bawah sebelah kanan
ü  Lalu klik kiri pada mouse dan Ctrl bersamaan dan tarik kebawah














4.       Menulis nama karyawan dan jabatan secara manual
5.       Cara mengisi jumlah-jumlah uang
·         Langkah
ü  Blok semua kolom yang dinginkan
ü  Klik kanan pilih format cells


ü  Pilih number
ü  Pilih accounting
ü  Ubah symbol menjadi Rp Indonesia
ü  Klik ok
6.       Menulis nilai mata uang dibawah gaji pokok dengan tulisan manual tanpa Rp tanpa titik tekan enter dan sebagainya.
·         Langkah
ü  Ketik dulu data yang ingin di masukkan
ü  Setelah itu tekan enter maka angka biasa akan berubah menjadi nilai mata uang Rupiah.
7.       Membuat tunjangan jabatan = gaji pokok x 5%
·         Langkah
ü  Klik pada kolom tunjangan jabatan nomor 1
ü  Klik tanda (=)
ü  Klik kolom D6 lalu * dan terakhir 5%
ü  Dengan cara otomatis jadi klik diujung bawah sebelah kanan Tarik kebawah

ü  Lalu lepas maka akan menjadi nilai mata uang yang sudah dikalkulasi secara otomatis
8.       Tunjangan Keluarga = Gaji Pokok x 2.5%
9.       Gaji Kotor = Gaji Bersih + Tunjangan Jabatan + Tunjangan Keluarga
10.   Asuransi = Gaji Pokok x 0.2%
11.   Pajak = Gaji Pokok x 1%
12.   Gaji Bersih = Gaji Kotor – Asuransi – Pajak
13.   Cara menjumlah semuanya secara otomatis
·         Langkah
ü  Blok semua jumlah uang yang ingin dijumlahkan
ü  Blok sampai tempat tempat ingin meletakkan jumlah uangnya
        
ü  Lalu pilih di pojok atas gambar sigma (sum)
ü  Maka sudah di dapatkan jumlah totalnya




CARA MEMBUAT DATA MENGGUNAKAN GRAFIK
A.   Grafik Column dan Pie
·         Langkah
ü  Blok data yang akan diformat rata tengah
ü  Klik Merge & Center
  1. Membuat tulisan rata ke tengah
·         Langkah
ü  Blok data yang akan diformat rata tengah
ü  Pada pilihan menu alignment, pilih Center
  1. Membuat Border
·         Langkah
ü  Blok sel yang akan diborder
ü  Klik kanan, pilih Format Cells
ü  Klik menu border, sesuaikan garis border yang diinginkan.




  1. Membuat Grafik Pie
·         Langkah
ü  Blok data yang akan dibuat grafik Pie
ü  Pilih menu insert, pilih Chart
ü  Pilih Pie
ü  Pilih sesuai keinginan
  1. Memberi Judul Pada Grafik Pie
·         Langkah
ü  Klik garfik pie yang telah dibuat, klik pada Chart Title
ü  Klik kanan pilih Font untuk mengatur ukuran dan jenis huruf
ü  Klik kanan lagi dan pilih edit text
ü  Terakhir ketik judulnya.
  1. Membuat Grafik Column
·         Langkah
ü  Blok data yang akan dibuat grafik Column
ü  Pilih menu insert dan pilih chart
ü  Pilih column
ü  Pilih sesuai keinginan
  1. Memberi Judul pada grafik Column
·         Langkah
ü  Klik garfik column yang telah dibuat, klik pada Chart Title
ü  Klik kanan pilih Font untuk mengatur ukuran dan jenis huruf
ü  Klik kanan lagi dan pilih edit text
ü  Terakhir ketik judulnya.




















NILAI UJIAN SISWA KELAS XI SMA  BANYUWANGI INDAH
  1. Masukkan nama Nilai Ulangan I, Ulangan II, MID, dan UAS secara manual
  1. Cara mengisi nilai rata-rata
·         Langkah
ü  Klik tanda (=) di bagian kolom Rata-Rata
ü  Klik menu function di bagian pojok sebelah kiri
ü  Pilih Average


ü  Setelah muncul menu Function Arguments seperti gambar diatas klik ok
ü  Maka nilai rata-ratanya akan muncul

ü  Dari kolom yang muncul nilai rata-rata, klik bagian kanan pojok bawah Tarik sampai ke bawah, maka secara otomatis akan langsung muncul nilai rata-rata dari siswa yang lain.


  1. Cara mengisi keterangan
·         Langkah
ü  Klik kolom yang berada di bawah rata-rata
ü  Ketik tanda (=) pada kolom keterangan
ü  Pilih menu Fuction pada pojok kiri atas
ü  Pilih IF
ü  Setelah itu muncul Function Arguments dan klik ok

ü  Untuk mengisi Logical_test klik nilai rata-rata yang berada paling atas
ü  Lalu ketik pada sel rata-rata pertama (G5) dan nilai terendahnya dengan rumus G5>65
ü  Pada Value_if_true ketik LULUS
ü  Pada  Value_if_false ketik TIDAK LULUS
ü  Klik ok
ü  Maka akan muncul kata “LULUS” pada kolom keterangan pertama karena nilainya melebihi 65
ü  Dari kolom lulus klik pojok kanan bawah, tahan dan tarik ke bawah, secara otomatis akan muncul yang lulus dan tidak lulus























CARA MEMBUAT DATA UPAH HARIAN DI MICROSOFT EXCEL 2016
·         Langkah
ü  Buka aplikasi Microsoft Excel 2016 dengan cara klik start
ü  All program
ü  Microsoft Office
ü  Microsoft Office Excel 2016
ü  Tunggu sampai Microsoft Excelnya terbuka
ü  Maka akan muncul tampilan Excel 2016
ü  Selanjutnya ketik data secara manual, kemudian keterangan waktu dengan memblok dan mengklik Format Cells pilih menu number dan pilih time .

ü  Setelah kolom jam kerja masuk terisi kemudian buat kolom Jam Kerja Keluar di kolom selanjutnya dan isi datanya secara manual
ü  Kemudian buat kolom Lama Kerja pada kolom selanjutnya, blok dan pilih Format Cells pilih menu time .
ü  Kemudian buat kolom Upah Bayar pada kolom selanjutnya dengan rumus =5000*Lama Kerja
ü  Setelah itu masukkan data secara manual sehingga akan didapat upah bayarnya

ü  Setelah itu Upah Bayar ditotal dengan cara memblok seluruh data di kolom Upah Bayar dan pilih sum .
ü  Untuk meratakan judul teks di tengah dengan cara blok data dan pilih merge & center
ü  Terakhir border data tersebut dengan blok data, pilih format cells dan pilih border serta atur sesuai keinginan
CARA MEMBUAT DATA SURPLUS KOMODITI INDUSTRI
·         Langkah
ü  Ketik judul data pada salah satu cell “ SURPLUS KOMODITI INDUSTRI “ kemudian blok judul tersebut kemudian klik Merge and Center untuk meletakkan judul di tengah .
ü  Kemudian isi data komuditas industri
ü  Kemudian isi data total ekspornya
ü  Kemudian isi data komoditas industri pada bulan januari, februari, maret, april
ü  Kemudian isi data di total ekspor dengan menggunakan rumus yaitu =SUM(B4:B8)
ü  Kemudian isi data rata-rata ekspor di bulan dengan menggunakan rumus =AVERAGE(B4:B8)
ü  Lalu isi data Nilai ekspor terbanyak dengan menggunakan rumus =MAX(B4:B8)
ü  Kemudian isi data nilai ekspor terkecil dengan menggunakan rumus =MIN(B4:B8)
ü  Kemudian isi data banyaknya komoditi ekspor dengan menggunakan rumus =COUNT(B4:B8)
ü  Lalu isi data  Variasi/ragam ekspor dengan menggunakan rumus =VAR(B4:B8)
ü  Kemudian isi data standar deviasi dengan menggunakan rumus =STDEV(B4:B8)
ü  Dan terakhir masukkan data standar diviasi rata-rata dengan menggunakan rumus =AVEDEV(B4:B8)







CARA MENYIMPAN ATAU SAVE AS DI EXCEL 2016
·            Langkah
ü  Klik “ FILE ” pada Exel 2016
ü  Lalu pilih “ Save As ”
ü  Klik “ Browse ”
ü  Pilih Documents untuk Menyimpan
ü  Ubah Namanya Sesua Isi Judul
ü  Ubah Save as type Menjadi à Excel 97-2003 Workbook
ü  Terakhir Klik Save












1 comment:

  1. Gambling in Las Vegas (NV) - MapYRO
    Gambling in Las Vegas 여수 출장마사지 is normally one of the fastest growing industries. This casino offers free games to its customers. Casinos offer a wide variety of casino games to  Rating: 4.2 사천 출장샵 · ‎3,049 reviews · ‎Price range: $$$Is Gambling in Las 정읍 출장마사지 Vegas legal in 경주 출장샵 Nevada?Is gambling legal 전라북도 출장안마 in Nevada?

    ReplyDelete