Monday, 18 May 2015

diktat tik excel kelas XI SMA NEGRI 1 ANJIRPASAR



DIKTAT TEKNOLOGI INFORMASI
DAN KOMUNIKASI (TIK)           PRAKTEK
 
Disusun Oleh :
v Norman

Guru Pembimbing:
Raihanudin s.pd

 Dinas Pendidikan Kabupaten Barito kuala
                      SMA Negeri 1 anjir Pasar


1.   Cara mengaktifkan ke dalam program Microsoft excel


Caranya :
Siapkan lembar kerja Microsoft excel dengan mengklik Star lalu Klik Microsoft Excel.
2.   SetelahMicrosoft Excel terbuka atur ukuran  dan bentuk kertas pada Page layout pilih orientation lalu pilih portrait kemudian pada size pilih A4
 

3.   Setelah lembar kerja Microsoft Excel terbuka , Ketik judul “ Pekerja pemasangan pipa air bersih tahun 2013” pada salah satu cell.


4.   Keemudian blok cell yang berisi judul yang telah diketi kearah samping, jika sudah terblok lalu klik Mergee & Center pada kotak dialog Alignment.



5.   Ketik judul yang kedua “Proyek Pertiwi Anjir Pasar” lakukan hal yang sama seperti pembutan judul pertama hingga menjadi :


6.   Kemudian isi data yang diperlukan hingga menjadi :




7.   Kemudian isi data nomer dengan caara mengetik angka 1 pada cell yang akan diisi lalu tarik ujung cell + menekan tombol ctrl ( tanpa dilepas) lalu tarik kebawah otomais angka akan muncul secara berurutan.
Lalu klik Center pada alignment agar angka berada ditengah baris.

8.   Selanjutnya meengisi data nama pekerja hingga menjadi sbb :










9.   Selanjutnya isi data JAM KERJA MASUK dengan mengklik kanan pada cell lalu akan muncul  kotak dialog format cell, pilih Number lalu klik Time pilih format 1:30 pm lalu klik ok.

               

10.         Selanjutnya isi data JAM KERJA MASUK hingga menjadi sebagai berikut :







11.         Selanjutnya isi data JAM KERJA KELUAR dengan cara seperti cara sebelumnya yaitu dengan mengklika  kanan pada cell lalu pilih format cell kemudian akan muncul kotak dialog format cell lalu pilih Number kemudian pilih Time lalu pilih format 1:30 PM lalu Klik ok.





12.         Selanjutnya isi data JAM KERJA KELUAR hingga seperti ini


13.         Selanjutnya isi data lama kerja dengan cara mengklik kanan pada cell lalu pilih Format Cell lalu pilh Time lalu pilih Format 13:30 lalu klik ok. Kemudian ketik = lalu klik JAM KERJA KELUAR kemudian ketik –lalu pilih JAM KERJA MASUK lalu tekan enter, selanjutnya tarik ujung Cell ke bawah sehingga otomatis semua data lama kerja akan terisi.
                                                  
        
                                                                    
                                                             


14.         Selanjutnya untuk menghitung upah dibayar sebelumnya kita harus mengklik Format Cell kemudian pilih accounting kemudian ubah decimal placesnya menjadi 0 lalu pilih Rp Indonesia lalu klik ok.


15.Selanjutnya menghitung upah yang harus di bayar dengan cara ketik = lalu ketik 5000 kemudian klik* untuk mengali kemudian klik lama kerja lalu klik * lalu ketik 24 jam lalu tekan enter pada keyboard.
                                                                              

16.Selanjutnya tarik ujung cell sehingga upah dibayar otomatis terisi semua.

                       
                        MENJADI SEPERTI BERIKUT INI:

17.Selanjutnya memberi  garis pada data yang sudah diisi dengan cara memblok semua data yang akan diberi garis lalu klik kanan(tetap dalam keadaan terblok) kemudian plih format cell lalu klik border lalu klik otline dan inside lalu klik ok.























                FUNGSI DAN RUMUS DALAM EXCEL
1.   Siapkan lembar kerja Microsoft excel dengan mengeklik star lalu klik microsoft Excel.

2.   Setelah Microsoft excel terbuka atur ukuran kertas dalam bentuk kertas pada page layout pilih orientation lalu pilih portrait kemudian pada size kemudian pilih A4.
    

3.   Ketik judul data pada salah satu cell “SURPLUS KOMODITI INDRUSTRI”kemudian blok judul, kemudian klik marge dan center untuk menjadikan judul ditengah.

4.Kemudian isi data komoditas industri :

1.   Kemudian isi data Total Ekspor :


2.   Kemudian  isi data di komoditas industri pada bulan januari,februari,maret :




3.   Kemudian isi data di Total ekspor pada bulan januari, dengan menggunakan rumus yaitu =SUM (B4:B9)
          

4.   Kemudian isi data rata-rata ekspor dibulan januari dengan menggunakan rumus =AVERAGE(B4:B8)



5.   Kemudian isi data nila ekspor terbanyak di bulan januari dengan menggunakan rumus =MAX(B4:B8)






6.   Kemudian isi datanilai  ekspor terkecil di bulan januari dengan menggunakan rumus =MIN(B4:B8)


7.   Kemudian isi data  banyaknya komoditi ekspor dibulan januari dengan menggunakan rumus =COUNT(B4:B8)



8.   Kemudian isi data Variasi/ragam dibulan januari dengan menggunakan rumus =VAR(B4:B8)

9.   Kemudian isi data standar deviasi dibulan januarian  dengan menggunakan rumus=STDV(B4:B8)

 




10.      Kemudian isi data standard diviasi rata-rata dibulan januari dengan menggunakan rumus=AVEDEV(B4:B8)


11.      Kemudian isi  data Total ekspor dibulan februari dengan menggunakan rumus=SUM(C4:C8)



12.      Kemudian isi data rata-rata ekspor dengan menggunakan rumus =AVERAGE(C4:C8)


13.    Kemudian isi data Nilai ekspor terbanyak pada bulan februari dengan menggunakan rumus=MAX(C4:C8)
14.      Kemudian isi data Nilai ekspor terkecil dibulan februari dengan menggunakan rumus =MIN(C4:C8)



15.      Kemudian isi data Banyaknya komoditi ekspor dibulan februari dengan menggunakan rumus =COUNT(C4:C8)
              
16.      Kemudian isi data Variasi /ragam ekspor dibulan februari dengan menggunakan rumus =VAR(C4:C8)

    




17.      Kemudian isi data standar devisiasi pada bulan februari dengan menggunakan rumus =STDV(C4:C8)


18.      Kemudian isi data standar devisiasi -rata pada bulan februari dengan menggunakan rumus =AVEDEV(C4:C8)







CARA MEMBUAT GRAFIK PADA MICROSOFT EXCEL
1. Langkah awal membuat grafik adalah isi semua data yang diinginkan seperti ini:

2.   Langkah selanjut nya blok seluruh data yang akan dibuat grafik Klik Insert lalu pilih pada kotak dialog Charts dan pilih jenis grafik Pie

3 Setelah itu untuk menambahkan persen pada grafik Klik Design dan Klik Type persen pada kotak dialog Carts Layous yang diinginkan.


4. Setelah itu Klik Insert dan pilih pada kotak dialog Charts jenis grafik Column.


5.Simpan data dengan mengklik Tombol Office Button di pojok kiri atas kemudian pilih save as maka akan muncul kotak dialog save as kemudian beri nama yang akan disimpan lalu klik save
                                                                 
CARA MEMBUAT DATA MICROSOFT EXEL DENGAN MENGGUNAKAN DATA VERTIKAL ATAU HORIZONTAL
1.Mengatur jenis kertas(portrait/vertikal)
2.Mengatur ukuran kertas(a4)
3.Menulis judul,dan lainnya.  Serta membuat urutan nomor dengan cara menulis nomor 1 dan 2, lalu diblok dan di klik tahan tarik sampai nomor yang diinginkan.

4.Menulis jenis makanan dan kode dengan cara manual

5.Memblok bagian d5 sampai dengan d11 dan klikkana pilih format cells.
6.Setelah itu , klik number dan klik accounting. Dan pilih RP Indonesia. Pilih decimal places 0.

7.ketik harga-harga dari setiap jenis makanan dengan mengetik angkanya saja lalu klik enter.

8.ketik banyak nya porsi dengan cara manual.
9.blok bagian E5 sampai dengan H11, setelah itu klik kanan plih format cells.
10. klik number accounting plih RP Indonesia dan decimal places 0





CARA MENGAKHIRI PROGRAM MICROSOFT EXCEL
a.    Setelah  bekerja dalam microsoft excel, data yang telah dibuat simpan terlebih dahulu .
b.   Klik SAVE AS untuk menyimpan dokumen baru, klik SAVE untuk menyimpan dokumen yang telah diperbarui tersebut.
c.    Keluarkan program tersebut lalu arahkan pointer klik close lalu pilih NO untuk keluar .































                                                                                                                  

No comments:

Post a Comment